Clean Up dan Penghijauan di Pulau Serangan

  • 24 Maret 2014
  • Oleh: SMPN 1 Denpasar
  • Dibaca: 567 Pengunjung

Visi  SMP Negeri 1 Denpasar  “Unggul dalam mutu berdaya saing secara internasional, beriman, dan berbudaya lingkungan”, didalamnya terkandung muatan pengembangan pendidikan karakter yang saat ini menjadi salah satu sasaran dalam pendidikan nasional. Pendidikan karakter yang dimaksud dilaksanakan secara terpadu dalam pelaksanaan pendidikannya selain berupa kegiatan ekstrakurikuler melalui pembiasaan dan budaya sekolah.

 

Dalam upaya menumbuhkembangkan karakter peserta didik, khususnya  kepekaan sosial dan kepedulian terhadap lingkungan pada Sabtu, 8 Mei 2012 SMP Negeri 1 Denpasar yang terdiri atas pengurus OSIS, peserta Biology Club, Guru-guru dan pegawai tata usaha melaksanakan kegiatan penghijauan dan clean up di wilayah pulau serangan, yang merupakan akhir dari serangkaian kegiatan  serupa yang telah dilaksanakan sebelumnya dibeberapa tempat antara lain bhakti sosial di karangasem, Aksi bersih di sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.
 

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kepekaan sosial dikalangan siswa SMP Negeri 1 Denpasar sehingga tumbuh rasa saling membantu diantara sesamanya, dan menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sehingga dapat memanfaatkan lingkungan secara bijaksana dikemudian hari. Pulau serangan dipilih karena pulau ini masih sangat gersang. Wilayah Serangan yang sekarang merupakan hasil reklamasi pantai, sehingga luasnya mencapai 4 kali luas sebelumnya. Tanahnya berpasir putih sehingga sulit ditumbuhi tanaman selain kelapa.Namun dengan dijadikannya Serangan sebagai objek penghijauan oleh pemerintah dan kepedulian masyarakatnya, sekarang Serangan sudah semakin hijau.

 

Diawali dengan pembekalan oleh ketua program yaitu Bapak I Nyoman Sumantra dan arahan dari wakil kepala sekolah, bapak I Nyoman Ardana, S.Pd., M.Pd. rombongan meninggalkan sekolah menuju pulau Serangan, tempat dimana kegiatan clean up dan penghijauan dilaksanakan. Setiba di serangan rombongan bertemu lurah Serangan dan menyerahkan 300 pohon bibit tanaman cempaka dan majegau yang secara simbolis diwakili oleh bapak wakasek dan ketua OSIS. Kemudian secara serentak dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon cempaka dan majegau disekitar lapangan serangan. Setiap peserta lebih kurang menanam sebanyak 5 pohon sehingga seluruh areal dipinggir lapangan tertanami,  selanjutnya tanaman tersebut disiram dengan harapan cepat tumbuh.

 

Kegiatan diakhiri dengan melaksanakan clean up (aksi bersih-bersih) di lingkungan Pura Dalem Sakenan. Sekalipun berpanas-panasan dan lumayan capek, rombongan tampak senang.

 

Kita berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dengan jumlah peserta yang lebih banyak, sehingga Serangan yang sekarang masih gersang menjadi hijau dan dapat menyumbangkan kesejukan bagi kota Denpasar. Kami sudah berbuat, bagaimana dengan kalian???
 


  • 24 Maret 2014
  • Oleh: SMPN 1 Denpasar
  • Dibaca: 567 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Sambutan Kepala Sekolah
I Wayan Murah, S.Pd.

Om Swastyastu,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Sejahtera bagi kita semua,
Shalom,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini dengan url www.smpn1-dps.sch.id dapat kami perbaharui. Kami mengucapkan selamat datang di Website kami Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Denpasar yang saya tujukan untuk seluruh unsur pimpinan, guru, karyawan dan siswa serta khalayak umum guna dapat mengakses seluruh informasi tentang segala profil, aktifitas/kegiatan serta fasilitas sekolah kami.